Di Cimenyan, Odesa Indonesia Berkantor dan Bergiat untuk Pendidikan Warga

CISANGGARUNG. Setelah setahun bergiat di lapangan dengan cara blusukan masuk kampung-kampung tertinggal, kini Odesa Indonesia memiliki tempat khusus untuk kegiatan. Kalau setahun sebelumnya kantor berada di Kota, tepatnya di Perumahan Arcamanik Indah, saat ini Odesa Indonesia menempati Kantor Baru di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Di kampung perbukitan berketinggian 1000 M.dpl tersebut, Odesa Indonesia bermaksud berkegiatan lebih sistematis dan terintegrasi secara langsung dengan warga perdesaan Cimenyan agar kegiatan-kegiatan seperti penguatan ekonomi petani, pendidikan anak-anak petani dan juga pelayanan kesehatan lebih efektif dan optimal.

“Kalau punya tempat di desa, sebagian kegiatan bisa optimal karena petani selama ini sudah sangat banyak yang meminta kursus-kursus. Dengan kantor di desa, nanti kegiatan harian bisa melayani warga secara rutin,” kata Agung Prihadi, sekretaris Yayasan Odesa Indonesia, Senin, 8 Mei 2017 kepada odesa.id.

Menurut Agung, selama ini kegiatan Odesa Indonesia banyak dilakukan di kampung-kampung dengan pendampingan pelatihan pertanian kopi, tanaman obat, ternak dan kegiatan amal sosial. Karena terlalu banyak permintaan dari warga, maka dengan adanya kantor khusus untuk pendidikan tersebut nanti pelayanan akan lebih banyak dilakukan.

“Supaya teman-teman dari kota yang siap berkontribusi dalam pendidikan juga lebih mudah. Cukup di Kantor nanti mobilisasi warga secara bergiliran setiap hari bisa dilakukan,” katanya.

Di kantor yang dekat dengan Situs Makam Syekh Abdul Teger dan dekat dengan kawasan Wisata Batu Templek Cikadut tersebut Odesa Indonesia akan menjalankan agenda-agenda organisasi seperti pelatihan pertanian, perdagangan, kewirausahaan, terutama maksimalisasi tanaman obat, amal sosial dan sebagai sarana administrasi. Kantor tersebut juga disiapkan sarana perpustakaan dan tempat belajar warga anak-anak petani Cimenyan yang selama ini mengalami marginalisasi dalam pendidikan dan pelayanan publik.-Udi/nina

ALAMAT LENGKAP ODESA INDONESIA baca

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*