Resep Masak Sayur Bening Daun Kelor

Sayur Bening Kelor. Ini menjadi tren bagi siapa saja yang mengetahui manfaat daun kelor. Sayur bening menjadi pilihan utama karena selain cara masaknya praktis juga memiliki kelebihan dalam melindungi vitamin dan mineral dari Daun Kelor. Sebab kaidah primer memasak daun kelor maksimal 2 menit setelah air di panci mendidih. Jika terlalu lama dalam pembakaran, kandungan mineral dan vitaminnya bisa banyak menguap.

Alya Nurshabrina, Miss Indonesia 2018. Mengajak warga Sentak Dulang Cimenyan Kab.Bandung memasak Daun Kelor bersama, 22/9/2018.
Memasak daun kelor tak bisa lepas dari target perolehan gizi. Karena itulah mengapa setiap tindakan memasak tidak boleh menghilangkan kandungan nutrisinya. Setelah mengenal kaidah dasar, yakni memasak daunnya setelah air mendidih, maka barulah kita bisa melakukan kreativitas.

Menambahkan bahan lain yang juga dari sayuran adalah langkah terbaik dalam menghasilkan gizi. Kita bisa menambahkan potongan jagung atau wortel. Dengan penambahan wortel dan jagung, sayur bening kelor kita juga bisa mendapatkan gizi tambahan. Tetapi di luar itu, ada manfaat penambahan keduanya karena bisa menimbulkan rasa manis alami sehingga kita bisa menghindari memasak Daun Kelor memakai gula.

Itu sebab, jika berkaca pada orangtua zaman dahulu, baik di Melayu, Madura, Betawi, dan daerah lainnya, memasak sayur bening tak perlu menambah gula. Dan itu akan lebih sehat.

Mari kita mulai memasak Sayur Bening Kelor.

Petik Daun Kelor. Segera cuci. Sangat penting diperhatikan, daun kelor segar lebih baik. Jangan memetik dan kemudian baru memasak dalam durasi lewat lama sehingga daun layu. Yang segar itulah yang baik.

BAHAN SAYUR BENING KELOR
Daun Kelor 200 gr (tanpa ranting).
Garam secukupnya.
Kunci 1 ruas jari (jika tidak ada ganti dengan lengkuas).
Daun salam 2 helai.
Bawang putih 2 siung.
Air mendidih secukupnya.

CARA:
Tumis bawang putih dengan setengah sendok minyak sayur, hingga wangi dan jangan gosong.
Tambahkan air hingga mendidih, tambahkan rempah kunci, daun salam.
Masukkan daun kelor, masak cukup 5 menit, angkat dan sajikan.

Catatan:
Bisa ditambahkan jagung atau wortel atau tomat atau asam jawa/belimbing wuluh, sesuai selera.

Makan Sayur Kelor Bersama Budawayan Dr. Hawe Setiawan Makan Sayur Kelor Hawe Setiawan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan