Manfaat Kedebog Pisang Untuk Tanaman di Musim Kemarau

kedebog pisang manfaat untuk air Musim hujan menanam. Musim kemarau merawat. Hari Kamis 23 Juli 2020, Yayasan Odesa Indonesia berkeliling ke jalan-jalan desa mekarmanik Cimenyan Kabupaten Bandung untuk merawat tanaman yang ditanam awal tahun lalu bersama Satgas Citarum sektor 22.

Setiap makanan bergizi juga berguna untuk pupuk. Batang pisang itu juga bisa sebagai sumber makanan manusia atau ternak. Jika berguna untuk keduanya, berarti juga baik untuk tanaman.

Kaget jika kedebok pisang merupakan bahan makanan? Itu karena tidak lazim dimakan dan juga mungkin tidak enak. Namun sekarang banyak perusahaan makanan dan herbal yang memanfaatkan kandungan daun pisang sebagai campuran suplemen.

Kedebok pisang dikenal luas sebagai sumber pupuk bagi tanaman. Jika dicampur bahan-bahan lagi sangat bagus untuk pupuk organik. Jika tidak dicampur pun tetap bermanfaat bagi tanaman. Kandungan air dan ketebalan batangnya bisa berguna untuk meredam panas terik.

Itulah mengapa Yayasan Odesa Indonesia melindungi bibit tanaman penghijauan di musim kemarau dengan kedebok pisang. Paling tidak kandungan airnya berguna untuk memenuhi tanaman dalam jangka waktu antara 10-15 hari.

Dengan sistem tumpuk 2 atau 3 lapis, tanaman akan terhindar dari terjangan sinar matahari. Dan jika terkena air, aiar membusuk dan kemudian beberapa bulan mendatang akan jadi pemasok gizi tanaman itu sendiri. Jadi mari manfaatkan kedebok pisang untuk tanaman.

Manfaat kedebok pisang bagi tanaman antara lain: 1) Menyuburkan tanaman karena berguna untuk vegetasi. 2) Merangsang proses fotosintesis, 3) Mempercepat perkembangbiakan microorganisme. []

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*