Hanjeli Coix Lacryma Jobi Sumber Gizi Free Gluten

Hanjeli, Jali-jali. Memiliki banyak nama. Dimulai dari istilah latinnya, Coix Lacryma Jobi. Kemudian ada yang menyebut Coix, Job’s Tears, Adlay Millet, Kacang Mutiara, Ma Yuen, Air Mata Ayub dan seterusnya.

Hanjeli seperti halnya sorgum memiliki kelebihan karena bebas gluten/gluten free. Bagi yang bermasalah dengan celiac, hanjeli tentu sebuah solusi. Biji-bijian hanjeli kita tanam di Cimenyan Kabupaten Bandung. Yayasan Odesa Indonesia mendorong petani menanam hanjeli karena manfaat gizi, manfaat daun untuk pakan ternak dan juga penanggulangan erosi. Lebih dari itu tanaman hanjeli juga menyuburkan tanah sekaligus memudahkan petani menanam karena kebutuhan airnya sangat moderat.

Hasillnya pengembangan hanjeli di Cimenyan Bandung sangat memuaskan, bahkan cenderung besar sehingga dalam proses pengupasan sekaligus kita pecah supaya agak kecil dan tidak merepotkan saat memasak. Pasalnya, biji kecil saja terkadang terlalu lama lunaknya. Mesti harus direndam minimal 2 jam, bahkan kalau perlu semalaman sebelum masuk panci masak.

Hasil masakan hanjeli teksturnya kenyal. Mengenyangkan sehingga sangat menolong kita yang sering susah mengerem nafsu makan. Banyak literatur yang menyeburkan, hanjeli memiliki tinggi protein dan memiliki sifat pengobatan.

Hanjeli, Air Mata Ayub Makanan Bergizi Gluten Free

Misalnya di Cina, sudah biasa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, diare, dan kesulitan buang air kecil. Bahkan juga membantu mengatasi alergi kulit dan memerangi kanker.

Di Pertanian Tanaman Obat (Taoci) beras hanjeli telah ada. Dijual untuk melayani para konsumen yang membutuhkan sebagai konsumsi personal terutama yang memiliki problem gluten. Harganya moderat Rp 14.900/200gram. 087700346275.


BAGAIMANA CARA MEMASAK HANJELI?

Berikut salahsatu cara masak Hanjeli (Jali-Jali) Coix Lacryma Jobi.
1. Biji Jali sangat keras. Karena itu perlu perendaman minimal 2 jam sebelum masak supaya cepat lunak.
2. Biji Hanjeli dari kami tergolong besar karena kesuburan. biji bulat besar sering memperlama proses pemasakan sehingga kami pecah.
3. Setiap makanan mengandung gizi yang bagus mudah dikerubuti kutu. Karena itu plastik harus tertutup rapat.

BERIKUT RESEP DASAR UNTUK BUBUR HANJELI

BAHAN :
100 gram beras hanjeli.
2 liter air
2 lembar daun pandan.
1 butir jahe.
1/4 sdt garam
150-200 gram gula aren.

Bahan direbus sampai matang. Jika minat memakai santan bisa ditambahkan sedikit.[]
Jual Beras Hanjeli Siap Masak

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan