Tentang Kami

Odesa-Indonesia
MEMBUMI DALAM KEBERSAMAAN
-Pangan -Ternak -Literasi -Teknologi

Odesa-Indonesia adalah organisasi sosial yang menaruh perhatian terhadap kemanusiaan dan keadilan yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Tiga bidang ini oleh Odesa Indonesia dimaksudkan untuk menjawab persoalan-persoalan kehidupan masyarakat perdesaan dari golongan kaum papa, atau keluarga petani pra-sejahtera (sangat miskin). Huruf awal O (desa) diletakkan sebagai spirit Organizer, Organizing, Organisatoris, Organik, Online yang mengambil sektor kegiatan di kawasan perdesaan. Para pendiri Odesa berlatarbelakang lintas profesi yang memiliki ketertarikan untuk pendampingan masyarakat kawasan perdesaan.

Odesa-Indonesia melihat kenyataan sejarah masyarakat yang mampu mencapai prestasi gemilang (peradaban) selalu bertumpu pada empat kekuatan mendasar, yaitu 1) Budidaya-Pangan, 2) Ternak, 3)Literasi, 4) Teknologi. Keempat basis inilah yang kemudian akan menjadi sasaran eksekusi gerakan secara integratif.

Inisiatif gerakan kewargaan ini berangkat dari basis Pergerakan Civic-Islam Indonesia Civic-Islam Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap hak-hak kewargaan. Dalam rangka menjawab problem politik Indonesia tersebut Odesa-Indonesia membangun kultur pergerakan dengan semangat pembasisan ke jantung persoalan masyarakat secara langsung.

Falsafah pergerakan Odesa bersandar pada prinsip “Membumi dalam Kebersamaan” yang dedikasi kerjanya diarahkan untuk pembangunan keadaban/nilai/virtue. Setiap kegiatan senantiasa mengakar pada sasaran (objek) yang dituju untuk kemudian ditransformasikan ke arah kemajuan dalam gerak kebersamaan. Semangat berkegiatan tersebut di dasarkan pada kenyataan bahwa pada setiap desa yang lemah secara ekonomi, sosial, spiritualitas dan pendidikan banyak diakibatkan kurangnya semangat berjuang bersama (gotong-royong) untuk maju.

Untuk menjawab tantangan tersebut, kami meletakkan semangat berorganisasi dengan spirit Organizing, yaitu seseorang yang memiliki kualitas manajemen berorganisasi; menjadi seorang Organizer; yang kaya akan inisiatif dan selalu kreatif dalam setiap kegiatan; sanggup menjadi motor mobilitas sosial sebagai Organisatoris dengan modal kepemimpinan/leadership yang orientasinya kuat sebagai seorang yang berjiwa “Organik ; punya kesediaan mengatasi masalah-masalah di akar rumput O-rang Desa. O dalam pengertian yang lain adalah Online-Desa; mengarahkan semua kegiatan memasuki ruang literasi internet dengan kegiatan-kegiatan yang produktif dalam menyebarkan nilai-nilai kebaikan.

Dari empat pilar (Pangan,Ternak, Literasi dan Teknologi), Odesa-Indonesia mencanangkan formulasi strategis untuk menggarap tiga bidang mendasar yang menjadi problem utama masyarakat Indonesia, yaitu 1) pendidikan, 2) ekonomi, dan 3) kesehatan. Ketiga bidang ini akan dikawal dengan kegiatan-kegiatan seperti kajian, penelitian, pendampingan, amal-sosial, partisipasi publik.

Pada bidang pendidikan bentuk kegiatannya berupa training, workshop, penelitian, kursus, perpustakaan, spiritualitas/keagamaan, dll.

Pada bidang ekonomi bentuk kegiatannya berupa pendampingan kepada masyarakat desa untuk menguatkan kolektivitas warga melalui koperasi, perbankan, kewirausahaan, kemitraan, pemasaran, branding, dll.

Pada bidang kebijakan publik bentuk kegiatannya adalah mendorong peningkatan partisipasi warga, kontrol kebijakan publik, penguatan organisasi kemasyarakatan, dan lain sebagainya.

5 JENIS KEGIATAN ODESA-INDONESIA
-Pendampingan -Amal Sosial -Kajian-Penelitian-Kebijakan Publik

Odesa-Indonesia meletakkan pendampingan (coaching/assisting) sebagai landasan pergerakan untuk mewujudkan perubahan dengan target prestasi sosial. Takaran prestasi sosial itu nantinya akan diukur dari aspek peningkatan mutu hidup dari empat aspek; 1) emansipasi individu, 2) kebangkitan ekonomi keluarga, 3) mobilitas sosial, dan 4) partisipasi kebijakan publik. Keempat aspek yang kami bangun dari semangat falsafah republikanisme/pancasila tersebut menuntut setiap gerakan pembangunan Sumber Daya Manusia tidak cukup berhenti pada usaha “pencerdasan” semata, melainkan harus masuk sampai level “kesadaran”.

Kami percaya persoalan sosial tidak berdiri sendiri. Problem rendahnya partisipasi pendidikan atau kemiskinan misalnya, selalu memiliki sebab yang oleh beberapa faktor. Itulah mengapa kami mendesain Odesa-Indonesia dengan menyertakan aspeks lain, yaitu Amal-Sosial dan Kebijakan Publik.

Amal-sosial akan menjadi alat konsolidasi gerakan pendampingan karena hampir setiap usaha pendampingan selalu butuh solusi jangka pendek dan dengan Amal-sosial itulah yang akan menjadi pintu masuk untuk kemudahan kerja jangka panjang pendampingan. Adapun Kebijakan-publik menjadi bagian penting dalam kegiatan Odesa-Indonesia karena setiap persoalan sosial tidak pernah lepas dari tanggungjawab negara.

Pada tataran lain, bidang Kajian dan Penelitian juga menjadi bagian yang tak terpisahkan. Bidang kajian dengan aktivitas mingguan terus kami lakukan karena dari pengalaman harian para relawan ini banyak temuan lapangan yang bisa “dikapitalisasi” menjadi ilmu-pengetahuan; diorganiser dalam catatan dan menjadi produk literasi.

Penelitian adalah kerja penting yang menjadi bagian pergerakan untuk menghasilkan temuan-temuan dari lapangan sebagai sumber produksi literasi.[]
UNTUK APA ODESA INDONESIA DIDIRIKAN? Kiprah Odesa Indonesia
SIAPA SAJA KAMI? Pegiat Odesa-Indonesia
PROGRAM SEKOLAH TANI ODESA Program Sekolah Tani Odesa
KONTAK DAN SALURAN BANTUAN BAHAN PANGAN, PAKAIAN, ALAT TULIS, FINANSIAL Kontak

DONASI KEGIATAN…..SEMUA UNTUK AKSI KEMANUSIAAN KAUM PAPA DI DESA
Ragam Pilihan Donasi

ALAMAT YAYASAN ODESA INDONESIA
Kampung Cisanggarung RT 02/RW 12, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Kode Pos 40191. Email: odesaindonesia@gmail.com

Kantor I Bapak Khoiril Anwar Hp/WA: 085220502937 (Amal Sosial, Penelitian, Pertanian dan Kerjasama)
Lokasi Maps Odesa I

Kantor II Bapak Ahmad Baiquni Hp/WA 0818-0903-2100 (Aktivitas kegiatan pendidikan Sabtu-Mingu) Lokasi Maps Odesa II

Menuju Lokasi Kantor Odesa Indonesia. Masuk dari Jalan A.H Nasution berjarak 5,5 Km. Akses Jalan dari Pasir Impun. Melewati Kantor Kecamatan Mandalajati, Kantor Desa Cikadut/PD Kebersihan, Villa Alam Santosa, Curug Batu Templek (100 meter sebelum Situs Makam Syekh Abdul Teger).

%d blogger menyukai ini: