Pembangunan MCK untuk Petani Cimenyan April 2019

LAPORAN RINGKAS PROGRAM KERJA PEMBANGUNAN SARANA MCK ODESA INDONESIA:
Program pelaksanaan Sarana MCK Yayasan Odesa Indonesia. Melanjutkan program Pembangunan tahun 2018. Di Tahun 2018 terdapat pembangunan sarana MCK di beberapa lokasi yang melibatkan donasi yang digalang oleh Kitabisa.com dan juga donasi CSR perusahaan atau sumbangan individu. MCK yang dibangun tahun 2018 antara lain. 1 Kampung Sentak Dulang, 2) Kampung Cisanggarung, 3) Kampung Cisanggarung Tongoh, 4) Kampung Cisanggarung Lebak, 5) Kampung Cikored Barat, 6) Kampung Cikored Tengah.


1. Pembangunan sarana MCK Kampung Pondok Buah Batu. Lokasi jarak `1 Km dari Hutan Arcamanik desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Di kampung yang sepi ini setiap musim kemarau sering kekurangan air karena banyak sumber air yang mulai hilang dan warga tidak memiliki sarana penampung air. Setelah tahun 2016 lalu Yayasan Odesa Indonesia membangun Masjid Nurul Iman, kebutuhan pembangunan air bersih dilanjutkan di Masjid ini sekaligus untuk memberikan pelayanan Mandi, Cuci dan Kakus. Pembangunan dilaksanakan pada 22 Maret hingga 6 April 2019. Sarana MCK ini memberikan pelayanan kepada belasan jamaah masjid sekaligus berguna untuk pemenuhan kebutuhan mencuci warga di sekitarnya.


2. Pembangunan Sarana Mandi, Cuci dan Kakus (MCK ) Kampung Tareptep. Lokasi 4 Km dari Kawasan Hutan Oray Tapa, Desa Mekarmanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Keadaan desa tertinggal dan sanitasi di rumah tangga sangat buruk. Keadaan kampung kotor. Tanggal pelaksanaan 23- 4 April. MCK dua pintu dan satu tempat mencuci. Sasaran manfaat keluarga petani Pra-Sejahtera. Jumlah keluarga yang terhubung dan menggunakan lebih 16 KK = 61 jiwa.

Yayasan Odesa Indonesia selain membangun infrastruktur juga memberikan pendampingan terkait hidup sehat di masyarakat dengan program lanjutan tani pekarangan dan gotong-royong membangun jalan-jalan gang kecil yang menghubungkan satu rumah ke rumah lain yang sampai saat ini keadaannya berupa tanah liat dan di sekitarnya penuh sampah.


3. Pembangunan Sarana Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) Kampung Cikawari timur. Lokasi di jarak 4 KM dari Hutan Arcamanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Status desa tertinggal, kedaan kampung Cikawari sering kekurangan air di musim kemarau. Tahap pembangunan MCK ini akan dilanjutkan dengan usaha pembangunan aliran sumber air pada musim kemarau 2019. MCK sebelumnya sudah dibangun tetapi tidak tertutup sehingga pengguna sering terlihat auratnya. MCK lama yang sudah rusak dibongkar diganti MCK baru dengan dua kamar mandi dan ruang mencuci yang lebih luas dan kokoh. Sarana MCK ini setiap musim hujan sering dipakai 14 Keluarga petani. Sedangkan jika musim kemarau bisa digunakan untuk 27 keluarga atau sekitar 100 jiwa.


4. Pembangunan Sarana Mandi, Cuci dan Kakus (MCK Cikawari) Selatan. Lokasi di jarak 4,5 km dari Hutan Arcamanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Problem di lokasi pembangunan MCK ini belum terdapat sarana MCK umum yang memadai sementara belasan rumah tangga keluarga petani Pra-Sejahtera sangat memprihatinkan. Keadaan rumah-rumah reyot dan jalan kampung tanah liat terlihat kotor. Saat musim hujan sangat becek dan banyak sampah, sedangkan musim kemarau berdebu dan warga sering kekurangan air bersih. Pembangunan MCK ini bermanfaat melayani 17 KK atau berguna bagi 68 jiwa.

Program pembangunan sarana MCK terus berlanjut.
Tanggal 21 April ini Yayasan Odesa Indonesia melanjutkan pembangunan di Kampung Waas, Kampung Cikored tengah, Kampung Sekebalingbing, Kampung Cisanggarung. http://odesa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *