Menerima Sumbangan Buku Perpustakaan Anak Desa

Dibukanya kegiatan Literasi di Kampung Cikored awal November 2018, menuntut kami untuk menggalang donasi buku tambahan. Sebab, meningkatnya siswa belajar Sekolah SAMIN (Sabtu Minggu) tentu membutuhkan variasi buku lanjutan. Anak desa yang bersekolah sabtu atau minggu itu kebanyakan haus bacaan. Mereka sudah menggilir setiap buku yang ada. Odesa Indonesia sampai sekarang ini memiliki hampir 200 anak-anak desa yang belajar. Yang tergolong aktif mencapai 120 anak. Mereka anak-anak desa, anak para petani dari golongan keluarga pra-sejahtera itu sangat senang dengan bacaan.

Baca kegiatan Sekolah SAMIN di Cikored

Sekiranya teman-teman punya buku bacaan anak (mulai dari usia TK, SD, dan SMP) berbagilah untuk mereka melalui Odesa Indonesia. Setiap buku dikelola secara baik, dan dibaca bergiliran saban pekan disertai pendampingan yang aktif. Ada Ibu Yuliani Liputo, penerjemah kenamaan (Penerbit Mizan) yang aktif mengajar mendampingi kegiatan literasi. Bersama Harti Tsaeni dan Rizki (Mahasiswa UIN SGD Bandung) bertiga aktif memperhatikan perkembangan literasi anak-anak petani.

Buku-buku yang dibutuhkan kategorinya antara lain:
Cerita anak bergambar
Cerita rakyat (Fiksi) lama atau baru sama-sama dibutuhkan.
Kisah-kisah inspiratif/motivasi
Selain itu pada setiap kegiatan literasi juga ada kebutuhan bantuan buku tulis, alat tulis, termasuk crayon dan buku gambarnya.

Mereka anak-anak desa, Sekalipun jaraknya hanya 5-10 Km dari Kota Bandung (Cimenyan Kab.Bandung) namun pendidikannya sangat memprihatinkan. Butuh sentuhan pendidikan luar sekolah. Dan itu terbukti bisa memajukan mereka, semakin bahagia dan semakin memiliki cita-cita yang lebih baik.

Jenis buku lain untuk dewasa juga dibutuhkan karena Yayasan Odesa Indonesia memiliki Sekolah Pertanian yang aktif mengelola forum pertemuan setiap hari sabtu dengan fasilitas perpustakaan. Menerima sumbangan buku-buku pertanian atau perdesaan.

Mari berdonasi dengan barang atau finansial.
Bisa hubungi Harti Tsaeni: Hp/WA 081573035349
Atau Bapak Baiquni: Hp/WA 081809032100

Ingin Menyalurkan Bantuan Pendidikan Anak Desa? Baca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *