Manfaat Kembang Telang untuk Kesuburan Tanah dan Gizi Manusia

Banyak ulasan tentang kembang telang Butterfly Pea (Clitoria Ternatea). Beberapa manfaat umum yang diketahui menonjol adalah untuk menguatkan daya pikir, antioksidan, memperkuat mood dan gairah seksual kaum hawa. Tetapi di luar itu sesungguhnya ada manfaat lain.

Tulisan menarik berikut ini kita dapatkan dari Gomez SM, Kalamani A (2003). Pada tulisan berjudul “Butterfly pea (Clitoria ternatea): a nutritive multipurpose forage legume for the tropics” tersebut mengulas manfaat kembang telang yang berguna bagi kesuburan tanah dan manfaat medis bagi manusia.

Manfaat Bagi Kesuburan tanah
Bijinya sangat tinggi protein (15-25%). Maka tidak heran, rumput yang tumbuh di sekitar tanaman ini akan mengandung protein yang tinggi dikarenakan tanah yang ditanami bunga telang ini akan tinggi tingkat nitrogennya.

Dengan demikian kandungan serat mentah pada rumput sekitar ditanaminya bunga telang sangat bermanfaat bagi hewan ternak. Tingkat protein mentah dan serat mentah pada daun tanaman ini, masing-masing adalah 21,5% dan 21,5-29%. Total protein tanaman adalah 14-20%. Bijinya mengandung 25-38% protein, 5% gula, dan 10% minyak. Maka di India, daun, biji dan seluruh bagian tanaman ini
sangat bermanfaat untuk ternak.

Nilai dan Manfaat untuk pengobatan

Butterfly pea umumnya dikenal dengan istilah Shankupushpam, digunakan secara luas dalam sistem pengobatan tradisional India sebagai tonik otak dan dipercaya dapat meningkatkan memori dan kecerdasan. Studi yang dilakukan pada tikus menyingkap bahwa ekstrak akar Clitoria Ternatea ini meningkatkan kandungan asetil kolin otak tikus dan aktivitas asetil kolin esterase dengan cara yang sama terhadap pyritinol obat cerebro standar.

Tanaman ini dianggap sebagai tonik yang baik untuk otak serta dapat mengobati infeksi tenggorokan dan mata, penyakit kulit, masalah urin, maag, dan sebagai penangkal racun. Juga berlaku pada ternak. Selain sifatnya yang mengobati, butterfly pea juga menjadi sumber kandungan fitokimiawi yang bagus. Tanaman ini mengandung protein antijamur.[]

BACAAN LAIN Manfaat Kembang Telang Blue Tea untuk kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *