Jual Lukisan “Anak Jepang” Remy Sylado

Tahun 2003 lalu, Remy Sylado meluncurkan novel berjudul Kembang Jepun, kisah tentang anak gadis Minahasa, bernama Keke (Keiko) yang dijual oleh kakaknya untuk menjadi Geisha, di Shinju, Surabaya.

Novel itu sangat menarik karena membuka tentang kehidupan masa silam, di zaman Jepang. Selain memiliki makna sejarah, juga memberikan keadaan hidup anak manusia. Remy punya segudang memori tentang kehidupan sejarah Indonesia, termasuk di zaman Jepang. Dan pengetahuannya itu sering menjadi inspirasi untuk karya, wujudnya karya tulis.

Bahkan jauh sebelum novel Kembang Jepun itu terkenal, tahun 1984, Remy telah melukis tentang Anak Jepang. Lukisan berjudul “Anak Jepang” ini bermakna sejarah dan kemanusiaan, namun bukan bermakna Geisha dengan kemanusiaan yang kita baca pada novel itu, melainkan lebih pada konten fenomena ragawi dengan aura kehidupan spiritual.

Lukisan “Anak Jepang” ini berpenampilan bahagia, memberikan inspirasi tentang seyogyanya anak manusia harus senantiasa bahagia.

Asas utilitasnya untuk sebuah hiasan adalah bahwa dunia kita harus menyenangkan, membahagiakan dan mengangkat tangan untuk sebuah lambaian, selamat datang maupun selamat jalan. Adapun tangan kiri yang terangkat, ini merupakan sebuah dekonstruksi; pembalikan simbolis, bahwa tangan kiri pun bisa nyaman dilihat jika geraknya adalah untuk sebuah sapa kebaikan.

Tangan kiri terangkat pada Anak Jepang itu terlihat sebagai tindakan spontan untuk merespon situasi yang menyenangkan. Terangkatnya tangan kiri sebagai sapa juga memiliki makna lain, tentang yang esensial; kebenaran bukan pada kanan, bisa juga bisa pada tangan kiri, bisa di utara maka bisa di selatan, bisa di barat maka bisa pula di timur; karena hakikak kebenaran, keindahan atau kedamaian itu esensial, menyangkut jiwa, ruh dari eksistensi manusia itu sendiri. Anak yang spontan dengan kebaikannya, terlepas apa yang ia gerakkan, selalu menghasilkan keindahan.[]

“Anak Jepang”.
Pelukis: Remy Sylado
Media: Cat Minyak atas Kanvas
Ukuran: 65 x 46 cm
Harga: Rp 8.700.000
Sertifikat: diberikan
Marketing: Hubungi Faiz Manshur (081809070330), Budhiana Kartawijaya (0818611702), Boy Worang (087823070102)
Email: odesaindonesia@gmail.com

(Untuk tujuan kemanusiaan Remy Sylado menyerahkan lukisan ini kepada Yayasan Odesa Indonesia untuk dijual, sebagian besar hasilnya untuk kelangsungan pendidikan anak-anak fakir-miskin yang selama ini mendapatkan pendampingan dari Yayasan Odesa Indonesia).

LUKISAN LAIN Lukisan I’m Nobody’s Child

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *