Di Cikored, Sekolah Literasi SAMIN Mulai dilaksanakan

Minggu pertama, 4 November 2018 kegiatan Sekolah Sabtu Minggu (Samin) Yayasan Odesa Indonesia memulai garapan baru.Odesa Indonesia membuka praktik belajar setiap minggu pagi, jam 10.00-12.00 di Kampung Cikored, Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan Kab.Bandung. Program ini bagian rencana yang tertunda karena sebelumnya kekurangan relawan pengajar.

Setelah ada relawan baru yang mengajar di Kantor Odesa Indonesia (Cisanggarung Desa Cikadut), kini relawan Harti (Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung) bertugas sebagai fasilitator kegiatan di Kampung Cikored, sebuah kampung yang berada di balik perbukitan kawasan Pasir Impun utara, jaraknya sekitar 8 Km dari Lapas Sukamiskin Kota Bandung.

Minggu pertama, Harti memulai tugas sebagai fasilitator mendampingi 12 siswa anak-anak Sekolah Dasar. Lokasi kegiatannya di rumah salahsatu warga, Bapak Andi yang juga merupakan koordinator Grup Tani Cikored. Jumlah siswa ini pada pekan selanjutnya akan ditingkatkan mencapai 20 siswa, dan selanjutnya sesuai dengan kemampuan tenaga fasilitator akan ditargetkan mencapai 80 siswa untuk melayani anak-anak Cikored di satu RW.

“Seru mengajar di Cikored. Sebagian siswanya dulu sudah ikut belajar di Cisanggarung, tapi karena jauh banyak yang berhenti. Begitu kita ke sini dengan sedikit informasi saja sudah 12 anak yang langsung ikut. Nanti pasti banyak,” kata Harti.

Pada minggu pertama itu, Harti mengajar literasi dengan memperkenalkan sejumlah buku bacaan cerita anak hasil sumbangan dari penerbit Mizan Media Bandung. Kali ini Harti tidak lagi kaget soal minat baca anak-anak desa yang sebelumnya sering diduga tidak suka membaca, tetapi pada setiap praktik pembelajaran faktanya berbeda.

“Anak-anak desa itu justru haus bacaan. Kita punya bukti, lebih 130 anak yang belajar dengan Odesa Indonesia baik yang sudah lama atau baru semua rakus bacaan. Tapi sayangnya ini sekarang kurang bacaan karena semua anak sudah bergiliran membaca,” terang Harti.

Kampung Cikored merupakan kampung salahsatu sasaran binaan Odesa-Indonesia karena di sana banyak keluarga petani kecil golongan Pra-Sejahtera. Sebelumnya sudah terdapat kegiatan penyebaran bibit kopi, pembangunan dua sarana MCK Komunal untuk keluarga Pra-Sejahtera, bantuan beras untuk fakir miskin, dan sekarang pada musim hujan ini dimulai gerakan pertanian model baru seperti penanaman kelor, tani pekarangan, pertanian ladang sorgum dan hanjeli, dan kegiatan pelayanan perbaikan gizi keluarga.-Khoiril

Berbagi untuk mereka
Zakat untuk Petani Fakir Miskin
Donasi untuk Pertanian



Satu tanggapan untuk “Di Cikored, Sekolah Literasi SAMIN Mulai dilaksanakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *