Asam Urat Sembuh dengan Daun Afrika dan Kelor

Di tengah-tengah kesibukan pengurus Odesa Indonesia bergiat kegiatan pendidikan sekolah SAMIN (Sabtu Minggu), Pak Enos, 72 tahun, datang ke kantor Odesa di Pasir Impun Cimenyan.

Pak Enos adalah pekerja serabutan dari Kampung Karangpamulang, Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan, dekat dengan Kota Bandung.

Beberapa bulan lalu ia mendengar kabar dari warga kalau di Kantor Odesa menyediakan tanaman obat. Ia bercerita kalau dirinya dan isterinya sama-sama punya penyakit asam urat yang kapan saja bisa menyerangnya. Akibat asam uratnya itu ia terhambat kerja, bahkan pada hari ini, istrinya tidak bisa keluar rumah karena kakinya bengkak.

“Dulu saya sudah ke sini (Kantor Odesa Indonesia –Red) dan diberi daun afrika juga daun kelor untuk penyembuhan. Alhamdulillah sembuh. Sekarang kambuh lagi, “katanya kepada odesa.id, minggu 9 Desember 2018.

Pak Enos dan istrinya sudah merasakan langsung manfaat kedua daun tersebut. Ia meminum rebusan daun afrika, atau rebusan teh kelor. “Saya minum ramuan daun afrika direbus pagi dan sore hari. Cepat sembuh sakitnya. Kalau tidak ada daun afrika ya saya minum kelor sayur,” terangnya.

Pak Enos, seperti kebanyakan orang di Kawasan Pasir Impun Cimenyan, mulai memanfaatkan tanaman herbal untuk pengobatan penyakitnya. Yayan Hadian yang biasa melayani warga dalam urusan pertanian mengatakan, kebanyakan warga masih sebatas berburu herbal saat sakit, belum menganggap sebagai makanan bergizi untuk kesehatan.

“Kalau sakit baru ribut nyari daun kelor atau daun afrika, padahal mestinya menanam dan mengonsumsinya rutin,” katanya.

Perilaku warga mengonsumsi herbal ini menurut Yayan sangat bagus karena warga bisa lebih murah dan mudah mendapatkan sumber obat alami yang tanpa banyak resiko, apalagi kebanyakan mereka adalah kelompok petani atau buruh tani miskin. Mereka yang biasanya harus keluar uang banyak ke apotik dan belum tentu sembuh, justru lebih yakin dengan herbal karena fakta penyembuhannya dialami mereka masing-masing.

“Sudah banyak bukti di sini, sakit jantung, sakit asam urat, asam lambung, diare, stroke, diabetes hingga masalah ASI beres dengan daun herbal seperti kelor dan daun afrika,” kata Yayan.

Kepada Pak Enos, Yayan berpesan agar mau menanam sendiri, apalagi ada lahan beberapa meter, cukup untuk menanam kelor dan pohon Daun Afrika. Pak Enos pulang dengan hati riang, berulangkali mengucapkan terimakasih kepada Yayan, dan bersedia untuk menanam kedua pohon itu di pekarangan rumahnya.[]

Mengobati diabetes dan stroke dengan daun afrika

Keuntungan Besar dari Daun Afrika

Satu tanggapan untuk “Asam Urat Sembuh dengan Daun Afrika dan Kelor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *