fbpx
Humas Hamid

+62 812-1719-1437

E-Mail

odesaindonesia@gmail.com

11:00-16:00

Selasa - Minggu

Hari ini, Jumat 5 Juni 2020, Odesa Garut melakukan aksi tanam kelor 250 bibit (moringa oleifera) di Patrol Desa Sukmurni Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut.

Penananam pohon kelor ini dimaksudkan untuk perbaikan gizi rumah tangga petani di sekitar kampung tersebut. Juga sebagai solusi untuk mencegah erosi. Ramlan Gumilar, Koordinator Odesa Garut mengatakan, tertarik mengembangkan tanaman kelor karena sangat strategis untuk perubahan sosial di masyarakat.

“Untuk gizi sangat bagus. Itu jelas. Untuk penghijauan juga bisa. Dan yang penting masyarakat mulai sadar akan kemandirian pangan. Tidak selalu bertani itu untuk tujuan dijual. Kita maksimalkan dulu untuk pangan para petani,” kata Ramlan.

Menurut Ramlan, Odesa Garut sebelumnya juga sudah menanam 500 pohon kelor di kampung Cigalumpit dan sekitarnya Desa Sindang Suka Kecamatan Cibatu dan Desa Haruman Kecamatan Leles Kabupaten Garut.

Total jumlah pohon kelor yang ditanam sejak bulan Januari sampai sekarang sudah mencapai 800 bibit kelor, dilokasi ini juga akan mulai dibangun screen house untuk pengembangan hasil panen kelor.

“Bibit yang ditanam oleh relawan Odesa Garut merupakan hasil pembibitan hasil pembelajaran dari Yayasan Odesa Indonesia Bandung bersama Huda, Yayan Hadian dan Ujang Rusmana,” jelasnya.

Artikel yang Disarankan

Follow Me!
%d blogger menyukai ini: