fbpx

Solidaritas Melawan Corona: Sedekah, Zakat dan Pendampingan Ekonomi Fakir Miskin

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG–Relawan Yayasan Odesa Indonesia semakin serius aksi blusukan ke warga di pinggir kota. Di kawasan Cimenyan Kabupaten Bandung, berbatasan dengan Kota Bandung, Yayasan Odesa Indonesia menemukan lebih dari 5.000 Keluarga pekerja harian dan penggarap tanah pertanian kecil mengalami kesulitan hidup.

Bantuan 10 kg beras sangat berguna menolong 16-17 hari kebutuhan dapur mereka. Bank BRI No. Rek 763701000854506 A.n Yayasan Odesa Indonesia. Kode Bank BRI (002). Konfirmasi: Email: odesaindonesia@gmail.com Hp/ Hamid 081217191437.

”Jika 5.000 keluarga tersebut rata-rata berisi empat anggota Keluarga, maka terdapat 20.000 jiwa yang sedang kesulitan hidupnya,” tandas salah seorang pegiat Odesa Indonesia, Basuki Suhardiman dalam siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (16/5).

Jumlah ini pun menurut Yayasan Odesa Indonesia adalah keluarga yang golongan keadaannya sudah berstatus miskin. Sementara di luar itu masih banyak sekali golongan rawan miskin yang hanya dalam hitungan tiga minggu langsung jatuh miskin.

SALURKAN PEKERJA TANI BANDUNG UTARA

”Dari data ini juga hanya terjadi di satu kecamatan, yaitu Cimenyan. Belum memasukkan data lapangan dari Kecamatan Cilengkrang, Cileunyi dan sejumlah kecamatan lain di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat yang berbatasan dengan Metropolitan Kota Bandung,” papar Basuki yang juga dosen di ITB.

Para pekerja harian ini benar-benar mengandalkan pendapatan setiap hari. Kecukupkan pangan mereka secara normal rata-rata hanya bertahan antara 10-15 hari. ”Terlebih pada akhir bulan puasa ini, banyak orang-orang mulai resah karena aktivitas pekerjaan yang tidak normal. Bahkan kalau bekerja sekalipun saat ini tidak akan menghasilkan uang yang layak untuk pemenuhan nafkah sehari-hari,” ungkapnya.

Golongan pekerja harian yang kesulitan nafkah tersebut, menurut Yayasan Odesa Indonesia terdiri dari pengojek pangkalan pinggir kota hingga perdesaan dengan pendapatan di bawah Upah Minimum Kabupaten (rata-rata 1,6 juta perbulan) pembantu rumah tangga harian (rata-rata Rp 1,2 juta perbulan), pelayan toko (rata-rata Rp 1,7 juta perbulan), jasa service rumah tangga (rata-rata Rp 2juta perbulan), penjual hasil tani tradisional (rata-rata Rp 1,8 juta perbulan), pekerja bangunan (rata-rata Rp 1,8juta perbulan), buruh tani (rata-rata Rp 900 perbulan), dan pekerja bidang lain yang rata-rata pendapatannya juga setara.

Menurut Yayasan Odesa Indonesia, gagalnya pelaksanaan bansos pemerintah berarti tidak ada satupun solusi yang berhasil diterapkan kecuali sekadar memaksa rakyat agar tidak beraktivitas normal. Padahal konsekuensi dari ketidaknormalam menjalankan nahkoda hidup keluarga tidak lepas dari normalitas ekonomi.

MARI KITA BANTU PEKERJA PINGGIR KOTA DENGAN BERAS

Bantuan 10 kg beras sangat berguna menolong 16-17 hari kebutuhan dapur mereka. Bank BRI No. Rek 763701000854506 A.n Yayasan Odesa Indonesia. Kode Bank BRI (002). Konfirmasi: Email: odesaindonesia@gmail.com Hp/ Hamid 081217191437.

2 tanggapan untuk “Solidaritas Melawan Corona: Sedekah, Zakat dan Pendampingan Ekonomi Fakir Miskin

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: