fbpx

Dirasakan Manfaat Gizinya Kelor Makin Kesohor

Kegiatan tanam pohon rutin Odesa Indonesia berbagi bibit kelor (moringa oleifera) dan beragam tanaman buah terus dilakukan sepanjang musim Oktober 2019 hingga April 2020.

Pada Rabu (11/3/2020) sore berlokasi di Kampung Pondok Buah Baru, beragam jenis tanaman dibagikan oleh Relawan Yayasan Odesa Indonesia kepada petani seperti kelor, bintaro, mangga, nangka, petai, jengkol, sukun dan pohon daun afrika. Semuanya sumbangan para dermawan.
Kelor untuk Petani
Selain menanam pohon di pinggir jalan sebagai penguat lahan, Relawan Odesa Indonesia juga membagi-bagikan bibit pohon untuk warga. Mereka sangat antusias mendapatkan bibit pohon gratis, apalagi jenisnya buah-buahan. “Tah nu kieu ari bibit mah, bibit bubuahan. Reseplah melakna oge. Aya dagoaneun bari ngebon sayur,” kata Maman, seorang petani.

Yang menarik, dalam setiap pembagian bibit itu, warga selalu menanyakan bibit kelor. Apa saja bibit pohon yang mereka bawa, kelor selalu diminta untuk disertakan. “Kelorna mana yeuh. Rek dipelak keur obat. Di apotek oge dibungkusan dauna dijual keur obat. Cenah keur obat darah tinggi ,” kata Dudung, petani lainnya.

Permintaan serupa juga terjadi di kampung lainnya seperti Cikored, Waas, Merakdampit, Cikawari dan Cisanggarung. Kebanyakan dari mereka mengetahui khasiat daun kelor itu dari mulut ke mulut. Sejumlah warga bahkan secara rutin memetik daun kelor dari pohon milik tetangganya.

Dalam beberapa bulan ke depan, permintaan akan bibit kelor akan lebih mudah dipenuhi. Karena pusat pembibitan kelor milik Odesa di Desa Cikadut sudah bisa menghasilkan bibit yang siap tanam. Ada puluhan ribu bibit kelor yang sekarang sedang tumbuh dan secara telaten diurus beberapa petani muda seperti Yayan Hadian, Huda dan Misbah.

Para petani menanam berbagai bibit pembagian tersebut di ladang sayur mereka. Di bagian pinggir lahan garapannya. Bagi yang masih punya sisa lahan di rumahnya, sebagian bibit mereka tanam di sana. (Enton Supriyatna).

Pembibitan Kelor Cikadut Cimenyan Kabupaten Bandung. Disebarkan kepada petani Kecamatan Cimenyan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: