fbpx

Mengapa Odesa Indonesia Menggerakkan Petani Tanam Pohon?

Oleh FAIZ MANSHUR. Ketua Odesa Indonesia

1) Menyehatkan tanah. Tanah di ladang pertanian monoculture/monocropping/minim jenis tanaman- jelas tidak sehat. Terbukti pertanian monoculture itu rawan hama, rawan ancaman angin dan ancaman curah hujan tinggi. Selain itu monoculture tidak produktif karena hanya mampu menghasilkan panen sesaat-bukan panen bergiliran.Sehatnya tanah akan menyehatkan tanaman karena karbon organik akan bekerja sesuai hukum alam; memproduksi lebih banyak microorganisme di bagian dalam tanah. Tanaman yang kaya akan unsur hara akan menghasilkan lebih cepat pertumbuhan tanaman.

Praktik Pertanian Monokultur sayuran tak menguntungkan petani. Para petani mau menanam pohon buah-buahan jika tersedia bibitnya.

2) Tanaman yang sehat dan beragam akan menyehatkan udara. Dengan tanaman beragam kecil, menengah dan besar kapasitas produksi panen juga berlipat-lipat dan beragam. Produksi dedaunan akan menahan karbon untuk tidak menguap ke langit. Hasil panennya menyehatkan manusia dan satwa. Penelitian Brent Swallow dan Sophie Ochola (20026) di Tanzania, Uganda, Nepal, Vietnam, dan India memberikan indikasi kuat bahwa berkembangnya agroforestry sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat di sekitarnya. Di Banyak masyarakat yang keadaan lingkungannya minim tanaman di sana banyak sekali penyakit yang berkembang dan signifikan mempengaruhi perkembangan penyakit lain dan kemudian mematikan banyak orang. Demikian juga sebaliknya, pada masyarakat yang berpenyakitan akan banyak tanaman yang susah berkembang. Masyarakat yang sehat tidak lepas dari keadaan udara, sanitasi, dan juga gizi. Karena itu agroforestry menjadi solusi bagi kesehatan lingkungan hidup.

Harus banyak tanaman baru, pendek, menengah dan tinggi. Berikan bibit kepada petani dan tanam dengan aksi bersama.

3) Jadi demikian alasan Yayasan Odesa Indonesia mengusahakan banyak jenis tanaman untuk masyarakat. Dengan beberapa jenis herbal, buah, biji, bunga dan juga manfaat akarnya akan menjawab persoalan masyarakat prasejahtera. Miskin berkelanjutan harus dipangkas dengan menyehatkan alam. Para petani harus mengambil peran utama dalam proses kerja ini. Orang Kota Bandung yang selama ini terkena bencana banjir dari perdesaan di perbukitan juga harus mulai memahami akar setiap persoalan. Solusinya adalah bawalah pohon yang menguntungkan petani, petani yang menanam, kita semua akan mendapatkan keuntungan.

4) Dengan menanam pohon artinya kita sedang punya anak buah yang bekerja. Pekerja yang paling canggih dalam kesehatan masyarakat ini bukan petani, melainkan pohon itu sendiri. Pohon akan bekerja setiap waktu memberikan keuntungan kepada kita dengan kemampuan merawat oksigen, melindungi tanah dari erosi,dan memberikan pangan bergizi. [] http:/odesa.id

Satu tanggapan untuk “Mengapa Odesa Indonesia Menggerakkan Petani Tanam Pohon?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: