Visi Pertanian Yayasan Odesa Indonesia

BEKERJA BERSAMA YAYASAN ODESA INDONESIA.

Mereka melanjutkan pekerjaan mereka sebagai petani. Menyemai benih, merawat tanaman kecil menjadi pohon, lalu menghasilkan panen kayu, panen biji, panen buah, panen sayuran.

Pekerjaan bertani adalah kewajiban yang mereka jalankan untuk menyambung hidupnya. Ini berlaku di banyak tempat.

Sekarang mereka bersama Odesa Indonesia. Tujuan diperjelas, bukan sekadar mencari nafkah tetapi untuk kelangsungan hidup yang universal bagi manusia dan spesies lain. Cara boleh sama, tetapi tujuan yang membedakan. Dan semuanya bergantung pada visi.

Di bawah Odesa Indonesia pekerjaan pertanian adalah untuk:

  1. Sumber daya gizi.
  2. Sumber perlindungan lingkungan (air,tanah,udara dan energi)
  3. Sumber ekonomi yang berorientasi pada kesejahteraan
  4. Sumber ilmu pengetahuan banyak orang (etnografisme).

Kami bekerja untuk kebaikan dari himpunan nilai-nilai keutamaan (virtue) dari setiap pohon. Sebab pohon adalah kehidupan itu sendiri. Tanpa pohon bagaimana oksigen kita dapatkan? Tanpa pohon bagaimana air kita bisa terpenuhi? Tanpa pohon bagaimana kerja cahaya dan energy memberi kebaikan di bumi? Tanpa pohon, bagaimana kita bisa memetik hikmah dari setiap kehidupan?

Pohon adalah anugerah yang harus ditumbuh, dirawat dan dikembangkan.

Manusia bisa menggali kebijaksanan yang luas dari akar, biji, batang,kulit kayu, dedaunan berwarna-warni, bunga mekar, bunga layu.Kerja fotosintesis sungguh luar biasa untuk dijadikan modal pembelajaran karakter hidup.

Petani sekalipun telah lama bekerja belum tentu mendapatkan hikmah karena bekerja tanpa visi tak akan mampu mengangkat martabat mereka. Kemudian kami hadirkan visi baru untuk empat hal di atas.

Menumbuhkan solidaritas, mengembangkan empati dan menghasilkan energi hidup yang lebih optimis.
Bahwa dengan pohon yang kita kembangkan berarti kita memenuhi kebutuhan manusia dari sisi pangan, menolong sekian banyak orang dari kecelakaan banjir, dan juga memberikan kesempatan bagi tercapainya pekerjaan pada pengangguran dan pengangguran terselubung.

Mari menanam pohon, belajar tentang hidup dengan makna dari pohon. Ajarkan kepada anak-anak tentang manfaat pohon dan imajinasikan untuk selalu bisa menanam pohon di manapun berada. Mencintai pohon juga akan membawa kecintaan pada spesies lain, termasuk pada manusia.[Faiz Manshur. Ketua Odesa Indonesia]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: