Manfaat Blue Tea Bunga Telang untuk Tubuh Kita

Blue Tea (Clitoria ternatea)

Tulisan-tulisan ilmiah tentang Blue Tea (bunga Telang) banyak berbicara tentang manfaat untuk mengatasi stres, meningkatkan mood, mengatasi kegelisahan, dan meningkatkan kecerdasan otak. Banyak kaum perempuan mengonsumsi ini karena juga sangat baik untuk kebugaran dan mood seksualitas.

Selain itu, Bunga Telang juga teruji sebagai tonik yang baik untuk otak serta dapat mengobati infeksi tenggorokan dan mata, penyakit kulit, masalah urin, maag, dan sebagai penangkal racun. Selain sifatnya yang mengobati, butterfly pea, bahasa latin lainnya dari bunga ini, juga memiliki sumber kandungan fitokimiawi yang bagus. Tanaman ini mengandung protein antijamur.

Di Inggris tanaman yang disebut Butterfly tea ini telah luas digunakan sebagai minuman kesehatan dan sajian penting acara kenegaraan.

Lembaga riset kenamaan dari National Center for Biotechnology Information (NBCI) Amerika Serikat juga menaruh perhatian dengan banyaknya publikasi ilmiah pada tanaman Bunga Telang ini. Salahsatu penelitian Farmakol J (2012) menuliskan bahwa Blue Tea ini memiliki kemampuan mengobati masalah sistem saraf pusat (SSP); stres, kegelisahan, depresi dan kejang, dll.

Disebutkan juga di dalam Blue Tea, terdapat berbagai metabolit sekunder termasuk tarakserol, delfinidin 3, 3’, 5’-triglukosida, asam hidroksinamik-p, antosianin terasilasi, flavonol glikosida, stereoid, dan beberapa yang lain. Memiliki kemampuan bekerja untuk neurofarmakologis karena kandungan nootropiknya, dan aktivitas antipiretik, antiinflamasi, analgesik, anestesi lokal, dan antidiabetik.

Beberapa laporan penelitian menunjukkan kelopak Bunga dengan kandungan flavonoid yang tinggi ini dalam kondisi berair atau kering non ekstrasi memiliki kekuatan antioksidan yang kuat sehingga baik untuk menangkal radikal bebas. Anti oksidan ini sangat dibutuhkan untuk menopang kesehatan tubuh terutama bagi kita yang tinggal di perkotaan akibat polusi udara.

Tidak ada efek samping yang serius. Tetapi mungkin bisa menyebabkan mual atau diare pada orang tertentu sehingga jika itu berlangsung bisa mengurangi atau menghentikannya.

MANFAAT PENTING
Menstabiltan mood
Meningkatkan kecerdasan otak
Mengurangi depresi/kecemasan
Mengekang hyperlipidemia/resiko jantung
Menurunkan demam
Mengatasi diabetes
Jual Teh Bunga Telang Blue Tea

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: