Pintar Menulis Bersama Remy Sylado

Bagaimana pintar menulis?
Menurut Remy Sylado, penyebab orang mengalami kesulitan menulis karena tidak memegang prinsip literasi secara benar. Literasi adalah kegiatan membaca dan menulis. Bahkan lebih dari itu, Remy Sylado menekankan, literasi adalah kegiatan yang disertai dengan praktik.

Karena itu, terkait dengan kerja penulisan, literasi yang dimaksud Remy Sylado “literasi bukan sekadar bisa membaca, melainkan kemampuan mengejawantahkan pemikiran dalam bentuk tulisan tertentu,” katanya saat kegiatan pendampingan kegiatan Literasi Training of Trainer di Yayasan Odesa Indonesia, Senin 16 September 2019.

Lebih konkret Remy Sylado menjawab pertanyaan tips menulis, Sastrawan asal Makasar itu menjawab, bahwa untuk pintar menulis harus banyak membaca dengan ragam bahasa.

“Harus baca tulisan-tulisan berbahasa asing dan juga harus pinter bahasa Indonesia. Kalau bahasa Indonesia saja belepotan ya memalukan,” terangnya.

Apa yang memotivasi Remy Sylado rajin menulis?

“Ketika saya mau menerima tugas menulis, saya meyakini bahwa hal tersebut merupakan bakat yang diberikan oleh Tuhan sebagai tugas membangun peradaban. Saya bekerja untuk peradaban dan salahsatunya adalah keharusan bersyukur, tidak kufur,” jelas penulis yang mahir menulis beragam jenis karya ini.

Selengkapnya kajian literasi, pertanian dan keadaban bisa Anda simak pada Video berikut ini:
Bincang Literasi Bersama Remy Sylado

Remy Sylado, Kelor dan Lukisan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: