Tips Mengolah Sorgum Menjadi Panganan Enak

Sorgum merupakan tanaman asal Afrika yang makin populer. India menjadi negara terbesar yang mengembangkan sumber pangan sehat ini. Beberapa negara hanya memanfaatkan sorgum sebagai pakan ternak, tetapi sekarang sudah banyak menaruhnya di atas meja makan keluarga.

Tidak heran bila sorgum makin banyak dikonsumsi orang. Karena kandungan gizi pada makanan ini sangat luar biasa. FAO bahkan menyebut sorgum sebagai tanaman penting yang harus dikonsumsi. Nah, untuk membuat sorgum enak dikonsumsi, banyak caranya. Apa saja?

Bubur Sorgum

Untuk membuat bubur sorgum, tuangkan setengah gelas tepung sorgum ke dalam panci. Campurkan tepung tadi dengan setengah gelas susu. Kemudian aduklah hingga merata. Setelah itu tuangkan 3 gelas air panas ke dalam campuran sorgum dan susu itu.

Kemudian didihkan adonan itu sambil diaduk peralahan. Lalu biarkan adonan itu mendidih 15-20 menit. Bubur sorgum pun siap dihidangkan.
Nasi Sorgum

Olahan sorgum ini paling mudah dibuat. Cukup siapkan panci berisi air. Kemudian didihkan airnya dan tuang beras sorgum ke dalam air mendidih itu. Biarkan sorgum itu hingga 50-60 menit. Untuk ukuran airnya tentu harus lebih banyak dari ukuran sorgum yang ingin dimasak.

Prinsipnya, siapkan air yang dua kali lebih banyak dari sorgumnya. Jika dibandingkan dengan memasak nasi, air untuk memasak sorgum bisa dua kali lebih banyak.

Brownies Sorgum

Untuk mencoba bikin brownies sorgum, siapkan bahan-bahan seperti cokelat blok, 45 gram cokelat bubuk, 50 gram gula pasir, 60 gram tepung kentang, 120 gram tepung sorgum halus, garam setengah sendok kecil, seperempat sendok baking powder, ¾ cup minyak goreng, seperempat cup air, dan 3 butir telur.

Untuk mengolahnya, campurkan seluruh bahan tersebut dan aduk hingga rata. Kemudian masukkan ke oven selama 30 menit di suhu 160°c.

Pop sorgum

Untuk membuat pop sorgum juga mudah. Cukup siapkan sorgum murni dan minyak goreng secukupnya. Membuatnya bisa dengan panci. Siapkan tutupan panci agar pop sorgum tidak memantul keluar dari panci.

Olahan sorgum tentu bukan ini saja. Banyak makanan yang bisa diciptakan dari panganan ini. Bagaimana, punya resep sendiri buat mengolah sorgum?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: