Memetik Manfaat Daun Afrika

Daun Afrika (Vernonia Amygdalina) dikenal memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk sumber kesehatan tubuh, melainkan juga untuk pupuk, pakan ternak dan ekosistem. Kajian-kajian ilmiah di berbagai dunia telah membuktikan itu sehingga Yayasan Odesa Indonesia menggerakkan para petani untuk membudidayakan.

“Tiga tahun lalu pengurus Yayasan Odesa Indonesia menginstruksikan kepada saya agar mulai menanam daun afrika. Menyusul kemudian diskusi rutin dan penyuluhan,” kata Ujang Rusmana, Ketua Grup Pertanian Tanaman Obat Cimenyan (Taoci) kepada Odesa.id

Hasilnya, setelah tiga tahun banyak tanaman yang dikenal pahit namun memiliki manfaat luar biasa ini. Yayan Hadian, alias Jajang (23), petani muda yang bergiat langsung menggerakkan gerakan budidaya herbal menjelaskan bahwa Daun Afrika relative mudah ditanam ketimbang tanaman kelor yang juga merupakan tanaman unggulan.

“Peminatnya sangat banyak dan kami selalu kekurangan stok,” kata Yayan yang pada pagi itu, Kamis 1 Agustus 2019 memanen Daun Afrika karena ada yang memesannya.

“Pembeli dari Jakarta ada, tapi kebanyakan dari Bandung,” kata Jajang.

Menurut Jajang, Tanaman Daun Afrika mudah ditanam dan bisa hidup dalam kondisi tanah yang kering, tanah berlumpur, bebatuan bahkan di tanah liat. Daun Afrika yang ada di lingkungan Odesa Indonesia sendiri ditanam di tempat yang beragam, di pekarangan rumah, pinggir jalan, dan di kebun.

“Khusus untuk dikonsumsi kami mengambil daunnya bukan dari pinggir jalan karena yang di pinggir jalan tergolong kotor. Herbal daun afrika harus bersih, ditanam di kebun tanpa polusi,” kata Jajang.

Khasiat tanamannya sendiri sudah sangat teruji. Selain sudah dibuktikan oleh orang-orang Afrika Barat terdahulu, tanaman ini juga sudah banyak diuji oleh ilmuwan. Kalau kita telaten membaca hasil penelitian di google misalnya, di sana banyak terdapat riset-riset yang menawan berkaitan dengan Daun Afrika.

Salah satu manfaatnya adalah untuk mengobati stoke. Khasiat ini telah dirasakan langung oleh warga Desa Cikadut, Wahyu, yang terserang stroke sejak sepuluh bulan lalu.

“Alhamdulilah berkat usaha meminum ekstrak Daun Afrika, kondisi saya semakin membaik,” kata Wahyu saat ditemui di rumahnya di Kampung Sekebalingbing, (2/8/2019).

Untuk merasakan manfaat dari Daun Afrika, kuncinya adalah rutin. “Saya minum godokan Daun Afrika tiap pagi dan sebelum tidur sebanyak satu gelas,” imbuh Wahyu.

Dulu Wahyu tidak bisa menggerakkan setengah bagian tubuhnya. Ia tak berdaya dengan keadaan itu selama berbulan-bulan. Sejak minum daun afrika dan rebusan kelor, kini ia sudah bisa berbicara dengan lancar bahkan bisa mengurus puluhan tanaman kelor yang ia tanam di pekarangan rumahnya.

Tetangganya bahkan sampai tertegun melihat kondisinya yang cenderung cepat membaik. “Tetangga saya bilang bahwa saya cepat sekali sembuhnya, yang tadinya tidak bisa berbicara sekarang sudah terdengar lancar,” kata dia. –Abdul Hamid

Jual Daun Afrika Pesan Daun Afrika

Video Pengalaman Sembuh Stroke

30 Hari Sembuh Diabetes bersama Daun Afrika

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: