Gerakan Amal Sosial untuk Pertanian dan Lingkungan Hidup

Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) setiap tahun menyampaikan data tentang keterpurukan hidup pertanian. Krisis lingkungan yang melanda dunia, termasuk Indonesia menyebabkan penurunan produktivitas pangan para petani kecil. Musim yang tidak teratur, susutnya ekosistem tanaman hutan, dan rusaknya tanah akibat eksploitasi penggarapan disertai kimia membuat kerja petani makin sulit dengan hasil yang minim.

Odesa Indonesia melihat fakta betapa kesengsaraan petani di Kawasan Bandung Utara( KBU) meluas, menyebabkan petani miskin semakin miskin, dan mereka yang rawan miskin mudah menjadi miskin. Mereka telah bekerja keras, dan saat mendapat pendampingan kegiatan pertanian yang lebih produktif sekaligus menyelamatkan lingkungan hidup dari erosi mereka bisa melakukannya.

Dunia telah berubah. Sistem kerja harus berubah. Model-model baru pertanian untuk menghasilkan pangan bergizi digerakkan. Pertanian yang baik adalah pertanian yang efektif dan memberi manfaat kepada masyarakat sekitarnya. Dan itu setahap demi setahap berhasil dilakukan Yayasan Odesa Indonesia dengan melibatkan para petani dan penggarap lahan untuk menanam tanaman pangan dan tanaman penghijauan. Kelor, sorgum, hanjeli, bunga telang, kopi hingga tanaman tegakan seperti nangka, mahoni, cemara telah banyak ditanam.

Gerakan ini melibatkan petani untuk menghasilkan pangan bergizi dan penghijauan ini sangat efektif.

Petani butuh alat. Teknologi kecil tepat guna banyak dibutuhkan. Alat penyiraman, selang, green house, hingga mesin pengolahan pasca panen menjadi kebutuhan mendasar. Dengan model pendampingan secara harian, para petani bisa bangkit dan menemukan jalan keluar.
Yayasan Odesa Indonesia mengajak Anda untuk bersolidaritas dalam usaha pembangunan sumber daya manusia dan usaha penyelamatan lingkungan penyebab banjir Kota Bandung ini.

SALURAN MUDAH DAN TERPERCAYA UNTUK DONASI ANDA
Salurkan donasi pertanian dan penghijauan melalui Donasi Pertanian dan Penghijauan
Salurkan zakat untuk program petani miskin/prasejahtera Zakat untuk Petani Prasejahtera
Untuk informasi detail seputar kegiatan Amal Sosial Odesa, Anda bisa menghubungi:
No. Telepon: Humas Khoril Anwar: 085220502937.
Fanspage: Odesaindonesia
Instagram: odesaindonesia
Twitter: odesaindonesia
Website: https://odesa.id/

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: