Aksi Berbagi Sabun untuk Petani Bandung Utara

Setiap Kegiatan Sosial Bantuan Material (Proyek) selalu disertai Kegiatan (Program). Itulah yang selalu ditekankan oleh Bapak Budhiana Kartawijaya, Ketua Pembina Odesa Indonesia. Dua pelaksanaan itu menurut Pak Budhiana merupakan syarat mendasar tercapainya perubahan sosial di masyarakat.

Di Kampung Cisanggarung sebelumnya Yayasan Odesa Indonesia menyalurkan bantuan donasi untuk pembangunan Sarana Toilet atau Mandi, Cuci dan Kakus. Warga yang mendapat bantuan sekarang hidup lebih sehat dan senang karena sarana mandi memudahkan kehidupan mereka.

Pagi ini, Sabtu, 27 Juli 2019, Relawan Odesa Indonesia membagikan sabun kepada warga Cisanggarung. Ada 200 paket bantuan sabun yang sebelumnya sudah sampai. Dipacking rapi. Setiap paket sabun berisi 20 batang sabun. Masing-masing untuk 1 keluarga petani. Bantuan Sabun dari Soap Cycling Singapura Aksi ini dipimpin Bapak Enton Supriyatna, wartawan senior yang juga pendiri Yayasan Odesa Indonesia.

Pada setiap aksi sosial sering terdapat cerita lucu. Kali ini menimpa pak Enton yang sering teriak-teriak mengundang petani keluar dari rumahnya di tengah siang.

“Sabun…sabun….sabun sehat untuk bapak-bapak dan ibu-ibu……” demikian penawaran Pak Enton kepada petani. Ternyata banyak petani kikuk dan bingung saat menemui pak Enton dengan penawaran itu. Setelah diketahui, ternyata petani berpikir itu adalah penawaran penjualan.

Barulah setelah dijelaskan bahwa bantuan tersebut gratis para petani tersenyum lapang dan senang menerima bantuan, bahkan ada yang meminta tambahan. “Ini gratis….gratis….ayo. Mangga diambil,” kata Pak Enton menegaskan.

Kuku Petani kotor harus mendapatkan edukasi kebersihanPada kesempatan aksi sosial tersebut tak lupa Pak Enton bersama Rizki, Sauqi dan Hamid menjelaskan pentingnya kesehatan, terutama dalam hal urusan cuci tangan. Sebab pengurus Odesa Indonesia masih sering melihat kuku petani hitam dan bahkan makan dengan tangan kotor. Ini tentu mengkhawatirkan karena kesehatan mereka bisa terancam dengan kebiasaan buruk tersebut.

Kegiatan donasi yang sifatnya material baik MCK maupun sabun adalah cara strategis untuk mengubah kesehatan masyarakat karena Yayasan Odesa Indonesia aktif bergiat pendidikan di Kampung ini, juga di beberapa kampung lain di Kawasan Bandung Utara. Bahkan beberapakali mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan dan layanan pengobatan gratis. Tentu bekerjasama dengan organisasi lain dari kota.

Odesa Indonesia sangat aktif bergiat untuk memajukan kesejahteraan petani yang selama ini menjadi korban ketidakadilan pembangunan pemerintah. Ada kegiatan pendidikan untuk anak-anak petani, ada kegiatan pemberdayaan dan pendampingan pertanian produk pangan sehat bergizi (sorgum, kelor, hanjeli, bunga telang, daun afrika, dll), ada juga program pembangunan sarana MCK, juga amal-amal sosial seperti pembagian perabotan rumah tangga dan pakaian untuk petani pra-sejahtera.

Nah, mari kita bergiat bersama. Odesa Indonesia memperkuat pertanian agar ekonomi petani sejahtera. Odesa Indonesia memperkuat pendidikan anak-anak petani agar masa depan mereka lebih baik. Odesa Indonesia menyantuni banyak fakir-miskin agar mereka bisa menerima keadilan karena negara absen dalam mengambil peran kemanusiaan ini. Terimakasih donatur.

ADA banyak kegiatan amal Yayasan Odesa Indonesia. Kami menyalurkan secara tepat sasaran dan memilih skala prioritas pada kelompok keluarga Pra-Sejahtera di perbukitan Bandung Utara. Mari berbagi…. Baca selengkapnya di Donasi Tidak Harus Uang. Bisa Barang

Donasi Pembangunan MCK Petani PraSejahtera\

Membantu Petani Grup Hotani untuk Penguatan Ekonomi Modal Tepat Sasaran Untuk Kebangkitan Petani

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: