Pembangunan Sumber Daya Manusia sebagai Keutamaan

Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi keutamaan dalam pergerakan Yayasan Odesa Indonesia. Hal tersebut didasarkan bahwa kebaikan terhadap lingkungan, terutama alam sangat bergantung pada kualitas manusia. Menurut Ketua Pembina Yayasan Odesa Indonesia, Budhiana Kartawijaya, hal tersebut akan membuahkan hasil yang lebih baik ketimbang sekadar memperbaiki keadaan alam.

“Masalah sanitasi warga memang berurusan dengan masalah sumber air, aliran air, sarana sanitasi Toilet, dan juga pembuangan akhir kotoran. Namun di luar pembangunan tersebut, pemahaman tentang pentingnya kesehatan menjadi lebih utama. Jadi kalau kita membangun sarana MCK, maka selanjutnya adalah pendampingan kesadaran tentang hidup sehat,” kata Budhiana kepada Odesa Indonesia, Minggu 7 April 2019.

Menurut wartawan senior yang kini sedang giat membangun puluhan sarana MCK di Kawasan Bandung Utara (KBU) tersebut, edukasi tentang kesehatan mutlak menjadi penting karena banyak petani dari golongan pra-sejahtera (sangat miskin) perilaku hidupnya sering tidak sehat.

“Soal cuci tangan sebelum makan atau minum seringkali tidak diperhatikan. Bahkan saya sering melihat petani sehabis menggengam pupuk langsung makan gorengan. Belum lagi kalau kita melihat aliran MCK yang becek berlumpur terhubung dengan kotoran ternak, dan juga menjadi tempat ayam mencari makan sementara hanya berjarak dua atau tiga meter anak-anak bermain dan mengonsumsi makanan. Ini memprihatinkan,” katanya.

Model Pendampingan
Gerakan peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia yang dilakukan Yayasan Odesa Indonesia tersebut menurut Budhiana dilakukan melalui model pendampingan yang secara berkala rutin. Setiap pekan, selalu ada relawan yang mengingatkan pentingnya hidup bersih. Anak-anak petani mendapatkan pendidikan kebersihan dan kesehatan melalui sekolah Sabtu-Minggu (SAMIN). Sedangkan orangtuanya didatangi langsung oleh relawan.

“Kalau memakai sistem sosialisasi pertemuan tidak akan berjalan. Kita harus masuk setiap waktu menyadarkan pentingnya hidup sehat, tentu dengan memahami pola pikir mereka. Kita sadarkan makanan yang sehat dan bergizi, kita sadarkan hindari minuman keras dan narkoba,” paparnya. -Huda

Satu tanggapan untuk “Pembangunan Sumber Daya Manusia sebagai Keutamaan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: