Tanam Karet Kebo di dalam Ruangan Supaya Udara Sehat

Ketika lingkungan hidup kita semakin jauh dari kehidupan organik, dominasi kimia yang berputar pada udara harus kita perhatikan. Karet Kebo (Ficus Elastica) menolong kita untuk mendapatkan kesehatan lingkungan dengan perawatan yang mudah.

Lingkungan yang bersih bisa jadi membebaskan kita dari bakteri karena bakteri mati pada semen, besi, kaca dan cat. Tetapi lingkungan ini membuat kita harus setia berurusan dengan Formaldehida, metanal atau formalin. Wujudnya bisa gas dan cair. Secara umum produsen utamanya adalah dari aksi sinar matahari dan oksigen terhadap metana dan hidrokarbon lain. Lingkungan di luar rumah atau kantor, terlebih di perkotaan sangat massif memproduksi zat tersebut, baik dari knalpot kendaraan maupun asap rokok.

Kita sadar bahwa pohon adalah unsur yang paling penting dalam kehidupan kita. Kesadaran yang lebih tinggi adalah menyadari pentingnya jenis pohon yang baik untuk menyehatkan lingkungan kita, terutama pada unsur udara. Udara harus segar supaya kita sehat, terutama sehat dari ancaman iritasi mata dan pernafasan.

Banyak penelitian di dunia ini yang telah menghasilkan analisis terbaik bagaimana kita seyogyanya memilih jenis pohon untuk menyegarkan udara. Salahsatunya adalah pohon Karet Kebo (Ficus elastica).

Pohon Karet Kebo bisa tinggi 4-7 meter dengan daun lebar dan kuat, batangnya bergetah. Tidak menghasilkan bunga yang begitu bagus, tetapi kuncupnya dan daunnya dengan warga coklat kemerahan cukup menarik mata. Manfaat dari pohon sangat baik untuk penyegar udara, menyehatkan sirkulasi, menghindari kita dari ancaman iritasi dan udara kotor yang kita hirup. Sedangkan manfaat dari herbalnya yang terkenal adalah digunakan untuk pengobatan stroke dan mag dengan mengeringkan daunnya, menghilangkan getahnya, dan selanjutnya digunakan untuk minuman.

Tanaman ini memiliki daya hidup yang kuat. Pada manusia bisa menghindupkan sendi-sendi tubuh yang mati seperti mengobati stroke, pada lingkungan ia bisa menghidupkan udara yang mati akibat banyaknya racun kimiawi.

Jika kita ingin sehat, halaman rumah atau kantor kita mestinya menanam pohon ini. Pertumbuhannya cepat dan rimbun serta tidak banyak sampah dedaunan menjadi bagian penting yang kita pertimbangkan. Terutama di dekat sumber air, akar karet kebo, sebagaimana kehebatan akar pohon kelor mampu menggemburkan tanah dan menghimpun air dalam jumlah besar. Jika kebun pekarangan kita ingin sehat udara, maka kami menyarankan beberapa jenis pohon. 1) Karet Kebo 2) Kelor, 3) Jarum Bintang Tuju, 4) Cemara atau pinus, 5) jenis-jenis pohon kecil seperti cocor bebek, atau jenis tanaman dedaunan talas.

Kemudian saat kita berpikir bahwa udara di ruangan (indoor) juga membutuhkan penyegar, maka karet kebo di dalam pot adalah solusi yang tepat. Ia bisa tumbuh tanpa layu sekalipun tidak terus terkena matahari. Barangkali satu minggu satu kali ia hanya butuh proses fotosintesis (daunnya terkena sinar matahari) cukup setengah hari. Selanjutnya bisa kita masukkan lagi ke dalam rumah. Pada urusan sinar matahari sebenarnya tidak perlu dikeluarkan dari ruangan karena jika ia bisa mendapatkan pasokan sinar matahari dari kaca jendela itu sudah cukup.

Pada sisi pemenuhan gizi tanah pada pot, Karet Kebo juga tidak rewel. Ia cukup senang dengan pupuk dalam jangka bulanan. Diberikan pupuk organik seperti beberapa biji dan kulit buah (semangka, nangka, timun, rambutan, duku, tomat, dll) cukup untuk menyuburkan tanahnya. Sedangkan kebutuhan airnya terkadang hanya 3-5 hari siram. Bahkan jika bagian tanahnya bagus gizinya, karena banyak pupuk dari buah, Karet Kebo akan cukup menyerap air dari buah-buahan.

Daun karet kebo hijau kecoklatan pada kondisi terbaiknya adalah mengkilap bersih. Jika mengkerut sedikit, itu terdapat indikasi kurangnya air dan pupuk, atau sedang membutuhkan asupan karbon dari cahaya matahari.

Jika terlihat kotor daunnya karena kemampuannya menyerap debu dari udara, itu berarti kita cukup melayaninya dengan mengelap satu persatu daun memakai air. Dengan mengelapnya memakai air, Karet Kebo juga akan mendapatkan kesegaran dari air tersebut. []

Karet Kebo Untuk Stroke dan Pembersih Udara

Banyak kajian tanaman di Odesa Indonesia BACA Herbal Odesa Indonesia Bandung

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: