Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea) untuk Kesehatan dan Kebun

Clitoria Ternatea (bunga telang)
Kembang Telang. Bunga jenis kupu-kupu ini berwarna biru ini merupakan bahan teh herbal yang sangat baik. Bukan karena pesona keindahannya, melainkan karena kandungan gizi di dalamnya. Selain itu untuk keperluan ekosistem, kembang telang sangat bagus dan mudah tumbuh baik didaratan rendah 500 Mdpl maupun di daratan tinggi 2.000 Mdpl. Grup pertanian Tanaman Obat Cimenyan (Taoci) Bandung mengembangkan tanaman ini karena banyak manfaat untuk para petani.

Bisa menjadi bagian kegiatan agroforestry karena kemampuan tanaman ini melindungi tanaman dari serangan hama dan mendatangkan microorganisme. Dampaknya bisa memberi keamanan pada tanaman pangan lain seperti sayuran dan tanaman pangan yang dikembangkan para petani Cimenyan Kabupaten Bandung.

Kembang Telang. Tumbuh merambat dan mudah tumbuh di daratan rendah hingga 2000 Mdpl.

Alasan kedua, dari panen bunga dan daun ini memungkinkan dua pendapatan sekaligus, daun dan akar keringnya akan bagus menjadi kompos karena kandungan kalsiumnya tinggi, terutama pada usaha mengurai tanah liat yang selama ini menjadi problem petani di Cimenyan. Selain dari itu pada bulan desember 2018 ini, Kembang Telang juga mulai ditanam di lahan-lahan miring yang mengalami erosi. Sebab terbukti tanaman kembang telang ini memiliki akar yang mampu mencengkeram tanah dalam jangkauan yang luas.

Alasan ketiga, untuk minuman sehat para petani dan selebihnya kami punya rencana ke depan menjadi pemasok bunga dan daun teh telang untuk perdagangan supaya para petani meningkat pendapatan ekonominya.

Clitoria Ternatea dikenal sebagai kacang Darwin, karena pernah menarik perhatian penelitian Charles Darwin di Australia ini berbunga mirip kelamin perempuan.

Di Thailand bunga Clitoria diolah menjadi komponen kosmetik karena kuatnya kandungan antioksidan. Dan yang terkenal di banyak negara, tanaman tua ini sangat berguna untuk pengobatan sakit mata, terutama mata rabun atau min/plus.

Sejarah tanaman ini cukup panjang. Terbukti masuk dalam catatan kitab kuno Ayurvedic sebagai bagian pengobatan masyarakat di Hindia Kuno. Oleh orang Hindia kuno manfaat bunga telang ini setara dengan kemampuan kelor dalam mengatasi masalah fisik manusia. Beberapa hal yang dicatat dari Ayurvedic antara lain kemampuan bunga telang meningkatkan daya ingat, berdampak positif untuk konsentrasi pikir, anti stress, bahkan memiliki kemampuan sebagai ramuan penenang.

Sedangkan di Cina, tanaman ini menjadi bagian herbal penting untuk kesehatan seksual terutama untuk melancarkan cairan vagina, dan juga dikenal sebagai ramuan untuk mengatasi sipilis dan keputihan.
Secara umum kembang telang ini juga sudah dikenal dalam dunia herbal untuk mengatasi masalah diabetes mellitus, TBC, Pneumonia, batuk rejam, gondok, cacingan, kusta, diauretik, dll.[Edh]

Kajian Tanaman Herbal Lain bisa dibaca di Link Herbal Odesa Indonesia Bandung

Teh Kembang Telang Tanaman Obat Cimenyan (TAOCI) Bandung

2 tanggapan untuk “Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea) untuk Kesehatan dan Kebun

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: