Agar Tanah Subur Inilah Bahan Penutupnya

Tanah tertutup sepanjang waktu adalah kaidah dasar pertanian berkelanjutan; yang menguntungkan ekosistem dan manusia. Selain menyuburkan tanaman, meningkatkan hasil panen buah, biji atau dedaunan, juga berguna bagi kontrol karbon agar terserap ke tanah, mengurangi erosi, dan juga membuat spesies di bagian dalam tanah hidup lebih makmur.

Lalu apa jenis penutup yang baik untuk pertanian kita? Yang jelas dedaunan, bukan plastik.

Dedaunan apa saja? Ini pertanyaan yang mungkin akan membuat kita berpikir terus. Bagus!. Memang dalam proses perbaikan kita harus terus bertanya dan terus mencoba. Namun setelah banyak hal belajar, pada akhirnya kita bisa menjatuhkan pilihan pada konsep yang teratur.

Kaidah pertama adalah dedaunan, kayu, biji, buah yang ada di sekitar kita. Setiap tanaman yang sudah teruji tumbuh di sekitar kita adalah bahan yang baik.

Kedua, mengombinasikan beberapa jenis bahan aktif maupun bahan stabil. Bahan aktif adalah jenis yang mudah cepat busuk, dan bahan stabil adalah jenis yang lama membusuk. Keduanya sangat dibutuhkan karena jika semuanya cepat membusuk perjalanan kesehatan tanah tidak akan terjaga jangka panjang. Sedangkan jika semuanya berasal dari bahan stabil tanaman tidak segera tumbuh secara baik. Rumput basah (biasanya untuk pakan ternak), termasuk batang dan daun papaya atau pisang adalah bahan aktif. Sedangkan rumput ilalang, daun kelapa dan sejenisnya adalah bahan stabil.

Kaidah selanjutnya adalah memakai rumus kombinasi antara biji-bijian, buah, dan batang. Biji-bijian sangat berguna seperti kacang-kacangan, termasuk kulitnya. Kopi, termasuk kulitnya, bunga matahari, termasuk batang dan daunnya, tomat, papaya, biji pepaya, jambu dan seterusnya. Ketika mereka dikombinasikan dengan rumput basah/lunak akan memberikan kemampuan mengurai bahan-bahan ini menyatu dengan tanah secara cepat, menjadikan makanan tanah yang bergizi.

Kacang-kacangan memiliki kemampuan membangun nitrogen tanah lebih cepat dan ampasnya terurai cepat melepaskan nutrisi. Pada butiran-butiran kecil kacang tidak menambah nitrogen, tapi bisa memiliki kemampuan memungut nutrisi dari rerumputan atau nutrisi lain yang ada di sekitar tanah. Kelebihan lain dari kacang-kacangan adalah busuknya cukup membutuhkan waktu lama ketimbang rumput lunak sehingga berguna untuk melepaskan secara lambat unsur hara tanah.

Lambat di sini bermanfaat untuk kontrol pakan tanah lebih lama karena kebutuhan makanan tanah ada yang berjangka pendek, menengah dan lama. Sedangkan biji-biji kecil (dari jenis kacang apapun) memiliki guna yang baik untuk tiga hal, 1) mengedalikan erosi, 2) mencegah pencucian nutrisi yang lebih cepat, 3) menekan gulma pada musim hujan/dingin. Dengan kata lain, pada usaha penutupan tanah dengan mengombinasikan kacang berbunga dengan butiran kecil yang berguna membentuk tanah merupakan kombinasi yang baik untuk kesehatan tanah, terutama pada musim hujan/dingin.

Hampir semua jenis buah dan biji-bijian yang dicampur akan mendatangkan manfaat besar bagi kesehatan tanah dan ekosistem di sekitar pertanian kita. Ada kekuatan dari semua bijian dan buah seperti cengkeh, kacang polong, biji kelor, kopi, hingga serealia (jagung, sorgum, hanjeli) hingga bunga matahari akan sangat berguna untuk kesehatan tanah karena disukai lebah dan serangga yang menguntungkan. Jika kita menaburkan unsur-unsur tanaman penyerbuk tersebut kita akan mendapatkan keuntungan karena memanjangkan periode mekarnya dedaunan, bunga, biji atau buah yang kita tanam.

Jika ada biji-bijian dari tanaman canola tentu sangat baik karena memiliki kemampuan mengontrol nematoda di dalam tanah. Sementara bunga matahari sangat hebat memumbuhkan nutrisi dan membawa nutrisi ke permukaan tanah. Sementara campuran kacang-kacangan menambah nitrogen. Gerakan mereka akan bekerja dari bawah tanah hingga ke atas tanah sehingga tanaman bisa makmur dan sehat sepanjang musim.

Jangan lupa. Di atas kemampuan menutup tanah secara permanen dengan bahan-bahan di atas lalu tanah menjadi sehat, kita tetap harus memperhatikan keanekaragaman hayati yang kita tanam. Pertahankan beragam jenis tanaman di sekitar kebun kita, apapun jenisnya karena monoculture pemborosan dan rawan kegagalan panen.

Tanaman pangan, tanaman herbal, tanaman buah, dan sebagian rumput, terutama bunga-bunga harus ada di sekitar pertanian kita. Dan perbanyaklah tanaman bunga matahari karena sangat batangnya sangat bagus untuk bahan aktif kompos, penyerbukan lebah sangat bagus, akarnya bisa jadi sumber bagus untuk tanah, dan ampas dari bijinya merupakan sumber pupuk yang baik juga.-Faiz Manshur

Menutup Tanah Langkah Penyuburan
Langkah Menyehatkan Tanah untuk panen yang baik

2 tanggapan untuk “Agar Tanah Subur Inilah Bahan Penutupnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: