Jual Lukisan I’m Nobody’s Child Remy Sylado

Oleh FAIZ MANSHUR.

“Tujuan seni adalah untuk mewakili bukan penampilan luar dari hal-hal, tapi makna batin.”-Aristoteles

Lukisan karya Remy Sylado, seorang Maestro terkemuka Indonesia. Melahirkan banyak karya tulis bermutu, seorang dramawan tersohor, dan juga seorang pelukis yang karyanya mengajak kita membuka pemikiran.

Sekarang Lukisan ini berada di tangan saya sejak Oktober 2018. Jauh sebelumnya, di tahun 2012, saya sudah melihatnya. “Tentang apa ini?” tanya saya kepada Om Remy. “Waktu itu aku sedang berpikir tentang Nabi Musa,” katanya.

Lukisan ini berjudul “I’m Nobody’s Child”, bukan Nabi Musa, karena pelukisnya tidak sekadar melukis bayi Sang nabinya para penganut ajaran Abrahami itu, melainkan cakrawala kehidupan, tentang anak manusia, air, pakaian, dan langit. Ada rambut pada bayi itu, ada juga topi di atasnya. Bahkan lukisan ini bisa dibilang unik, karena memiliki sisi abstraksi pada konten; apakah latar bawah sang bayi itu berupa air sungai/laut, atau padang rumput? Semua tafsir bisa bicara. Karena itulah lukisan itu bisa beragam makna, bicara tentang alam, anak manusia, keterasingan, nasib dan pengharapan.

Sejarah hidup manusia di bumi tak selalu laras dengan keindahan semesta. Selalu ada sisi kehidupan anak manusia yang belum tentu bisa menyatu dengan orangtuanya karena terbuang dari keadaan yang tidak manusiawi.

“I’m Nobody’s Child” juga membuka pemaknaan tentang takdir; bahwa nasib manusia pada satu sisi memiliki garis nasib sendiri, namun di lain pihak juga membutuhkan peran manusia lain. Memang ada kisah keluarga, Bapak atau Ibunya sengaja memisahkan sang anak dari kehidupannya, bahkan memisahkan dari hubungan hidupnya dengan sengaja membunuhnya, tentu disertai kesedihan. Tapi ada juga orangtua yang ingin sang anak tetap berada dalam dekapannya namun keadaan tidak memungkinkan sehingga memilih memisahkan sang anak dengan harapan orang lain memberikan pertolongan.

“I’m Nobody’s Child” adalah cakrawala tentang hidup sehingga pas dengan ruang pembelajaran keluarga kita. Setiap mata yang memandang lukisan itu, terutama anak-anak, akan bertanya tentang siapa bayi itu? Mengapa ia berada di atas air? Di mana ibunya? Lalu……

Rumah bukan sekadar tempat tidur, tempat makan dan menyimpan pakaian, melainkan ruang batin kemanusiaan kita. Lukisan memberikan kesempatan kita untuk lebih manusiawi karena hewan tidak bisa mendapatkannya.

Memandang lukisan ini, kita akan diarahkan untuk mengembangkan makna hidup. Di situlah pentingnya lukisan itu bukan semata sebagai hiasan dinding, melainkan sumber ilmu pengetahuan, sumbernya makna hidup keluarga kita. “Sekalipun sendiri, kita harus berani melanjutkan perjalanan di atas pusaran gelombang.”[]

“I’m Nobody’s Child.”
Pelukis: Remy Sylado
Media: Cat Minyak atas Kanvas
Ukuran: 133 x 85 cm.
Harga: Rp 45.000.000
Sertifikat: diberikan
Marketing: Hubungi Faiz Manshur (081809070330), Budhiana Kartawijaya (0818611702), Boy Worang (087823070102)
Email: odesaindonesia@gmail.com

(Untuk tujuan kemanusiaan Remy Sylado menyerahkan lukisan ini kepada Yayasan Odesa Indonesia untuk dijual, sebagian besar hasilnya untuk kelangsungan pendidikan anak-anak fakir-miskin yang selama ini mendapatkan pendampingan dari Yayasan Odesa Indonesia).

I’m nobody’s child, nobody’s child.
I’m like a flower, just growing wild.
No mommy’s kisses and no daddy’s smiles,
Nobody wants me, I’m nobody’s child.

Nobody’s Child

Satu tanggapan untuk “Jual Lukisan I’m Nobody’s Child Remy Sylado

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: