Perihal Ekspor Sorgum Amerika ke Cina

Sementara para petani jagung murung tentang harga jagung, petani sogum justru memiliki banyak hal yang membuat mereka berbahagia, terutama tentang ekspornya.

Menurut Reuters, sorgum menduduki peringkat teratas untuk impor biji-bijian ke Cina, termasuk kacang kedelai.
Dengan membaca data terbaru dari Dinas Pertanian Luar Negeri Departemen Pertanian Amerika Serikat, Anda dapat melihat bahwa ekspor sorgum untuk tahun pemasaran saat ini, yang baru saja dimulai pada September, telah menanjak tajam dibandingkan tahun sebelumnya dan rata-rata lima tahun.

Sekarang nampaknya pasar mengirimkan pesan, bahwa kita perlu lebih banyak ladang sorgum untuk tahun depan. Ini bukan karena kebutuhan nasional, tetapi karena peningkatan kebutuhan yang besar di tingkat internasional.

Sekitar sepuluh tahun lalu Amerika Serikat hampir tidak mengekspor sorgum keCina. Kini negara tersebut menjadi salahsatu pembeli terbesar. “Tahun lalu kami mengekspor 177 juta gantang (1gantang = 3,125 kg) dalam bentuk tanaman kecil. Angka itu hampir setengah atau sedikit lebih dari setengah panen nasional AS yang diangkut ke sana,” kata Tim Lust, ketua dari National Sorghum Producers.

Dan tahun ini, negara tersebut secara agresif membeli lebih banyak lagi. “Hanya dalam delapan minggu pertama dari tahun pemasaran ini, mereka telah membeli sejumlah besar sorgum dengan kecepatan yang bahkan jauh di atas angka penjualan tahun lalu,” kata Lust.

Permintaan tersebut bukan saja untuk pakan ternak, namun sebagian besarnya akan menjadi pakan bebek. Sisanya untuk membuat minuman keras. “Sebagian besar minuman keras di Cina terbuat dari sorgum, hingga menjadi pasar yang signifikan. Memang tidak menjadi mayoritas ekspor, tapi ini sudah hebat,” ujar Lust.

Karena Meksiko dan Jepang juga lapar akan sorgum, Lust berkata kita perlu menambah ladang tahun depan untuk memenuhi permintaan. “Harga dan pasar sorgum yang kuat adalah peluang yang baik di saat hal-hal lain tidak sebagus itu. Di beberapa hasil bumi lain mereka memiliki pasar yang kuat dan dapat terus menumbuhkannya dengan baik,” kata Lust.

Lust mengatakan harga pokok tanaman berubah setiap minggu, tapi di wilayah seperti Pantai Teluk Texas dan fasilitas terminal memiliki tingkat harga yang baik. Harga berjangka bulan Desember untuk sorgum Texas berada pada $3,73, sementara untuk jagung berada pada $3,72. “Beberapa harga terkuat ada di Pantai Teluk Texas. Harga satu gantang adalah $1,95 secara keseluruhan dan beberapa pasar induk/pasar terminal di Kansas 40 sen di atas jagung,” ujar Lust.

Ini adalah peluang profit bagi petani sorgum tahun depan, karena mereka telah merencanakan berladang untuk 2015.
Lust mengatakan alasan Tiongkok membeli sorgum mereka karena tanaman tersebut tidak terkena masalah kebijakan perdagangan dan isu-isu transgenik. -Penulis Betsy Jibben/Penerjemah Rahmi S/Sumber AgDay TV/National.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: