fbpx

Cara Tanam Bunga Matahari


Beli Di sini Bibitnya Jual Bibit Bunga Matahari

1. Bibit bunga matahari pada hasil sortir sering memperlihatkan jenis kecil dan agak besar. Hal itu tidak bermasalah. Kualitas tidak dilihat dari besar kecilnya biji melainkan pada usaha praktik budidaya pembibitan hingga masa tanam.

2. Pada biji packing tersebut sebagian terkadang ada biji yang lembek dan seakan-akan kosong, padahal di dalamnya ada biji kecil yang tetap berpeluang tumbuh. Untuk menghasilkan target tumbuh dari satu packing, biasanya memakai acuan 60% keberhasilan sudah cukup.

3. Sebelum ditanam berhati-hatilah memperlakukan benih. Jangan dipegang keras karena bisa merusak isi biji. Jangan dilempar dan jangan sering dibuka dari kantong plastik.

4. Siapkan media tanam (tanah gembur dengan pupuk dalam polybag mini atau sistem semai bersamaan dalam pot/media semai lebar). Siram dengan air sebelum biji disemai. Tanam biji dengan kedalaman 2 Cm cukup.

5. Pada masa hari pertama hingga masa pertumbuhan usia 1-12 hari, sebaiknya hindari panas matahari. Jika sudah tumbuh barulah pohon membutuhkan sinar matahari. Jika terpaksa harus kena panas matahari pada usia1-12 hari harus sering disiram (tanah harus dalam keadaan basah, tetapi tidak boleh air menggenang karena bisa membusukkan biji).

6. Benih tanam dalam media tanah ini biasanya akan muncul berkembang antara 8 hingga 12 hari. Jika memakai media tanam tissue dalam box tertutup biasanya butuh 4-6 hari sudah mulai tumbuh dan baru kemudian disemai dalam media tanah.

7. Setelah pohon cukup tinggi pada usia setelah 15 hari, pindahkan dari polybag ke tanah ladang/pekarangan atau memakai polybag ukurang besar, minimal 20 cm. Pemindahan dari polybag tidak boleh dengan cara mencabut. Sebaiknya cukup digunting bagian bawah dari polybag supaya pohon tidak stress sehingga layu. Setelah pemindahan wajib segera disiram air.

8. Jika ditanam di tanah langsung, pastikan kondisi tanah sekitarnya, sekitar 40-50 cm keadaan gembur (tidak ada genangan air yang bisa membusukkan akar) dan mendapat pupuk yang cukup, sekitar setengah ember pada masa awal tanam, dan dipupuk ulang satu bulan kemudian, diulang lagi satu bulan kemudian.

9. Pohon Bunga matahari sangat menyukai sinar matahari. Pastikan sepanjang hari terkena sinar matahari secara langsung.

10. Pupuk dan penyiraman sangat menentukan keberhasilan panen. Jangan sampai kekurangan pupuk, dan air terutama pada masa pertumbuhan hingga 30 hari. Tanpa pupuk yang memadai, biasanya bunga matahari hanya menghasilkan bunga dengan kelopak kecil. Demikian juga pada media tanam polybag yang kurang besar akan menghasilkan tinggi pohon dan bunga yang tidak maksimal.

11. Pohon Bunga Matahari, terutama yang subur sering terbebani bunga yang besar dan itu memberatkan batang. Sangat dibutuhkan tiang penyangga (pengikat batang pohon) agar batang tidak lentur dan mudah patah. Dengan tiang penyangga juga akan menolong pohon dari terpaan angin. Odesa.id

Jual Bibit Bunga Matahari
Mengapa Kita Perlu Bunga Matahari
Bunga Matahari untuk Superfood

Satu tanggapan untuk “Cara Tanam Bunga Matahari

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: