Kopi Pak Ruhiyat Tumbuh Lebih Cepat

Akhir Pebruari 2017 lalu, Pak Ruhiyat, Petani Desa Waas, Mekarmanik, Cimenyan Bandung menanam bibit kopi dari Odesa-Indonesia. Pak Ruhiyat senang karena sudah lama ingin menanam kopi tetapi tidak punya modal. Dengan bantuan gratis dari Odesa-Indonesia Kakek berusia 62 tahun ini menanam secara baik dibimbing oleh Toha.



“Itu bibit kopinya terimakasih. Bagus dan lebih cepat tumbuh. Kami merawat secara baik sesuai arahan Oha (Sebutan untuk Toha),” katanya kepada Odesa.id

Belum genap usia dua bulan pohon kopinya cepat tumbuh karena kontrol dan pemumpukan yang baik. Kopi hasil pembibitan Odesa-Indonesia rata-rata sudah mulai panen dalam waktu 2 tahun dengan porsi panen pertama kurang dari 3 Kg per pohon. Memasuki panen kedua biasanya akan menghasilkan antara 4,5-5 Kg per pohon. Pada musim panen ketiganya, biasanya menghasilkan panen antara 5 hingga 7 Kg per-pohon. Hasil panen cepat ini tentu saja dengan catatan dilakukan pemeliharaan secara baik.



Dengan fakta yang sudah diujicoba sebelumnya di beberapa kebun kawasan Sindanglaya, hasil pembibitan Odesa Indonesia sudah teruji secara baik. Dari yang biasanya petani harus menunggu tiga tahun, sekarang dengan bibit Odesa tersebut sudah bisa dipanen lebih cepat dan hasilnya lebih produktif.-Teguh.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: